Melompat dan Mendarat (PJOK Kelas 5)

 

Melompat dan Mendarat

Kelas: V

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mengategorikan dan mampu menerapkan konsep melompat dan mendarat mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


Halo semuanya marilah kita pelajari gerakan melompat dan mendarat!

Gambar 1 melompat bersama (Graham, dkk. 2021)
Tentunya kalian pasti sudah pernah melakukan kegiatan melompat dan mendarat baik hanya pada saat kegiatan pembelajaran olahraga, saat bermain, maupun dalam kegiatan lain. Untuk itu marilah kita kenali apa itu melompat dan juga mendarat lalu mempraktikkannya!

Menurut Machmud, dkk (2021) melompat adalah gerak yang muncul akibat adanya gaya dorong dari tungkai dan mendarat dengan kaki.

Nah dari pengertian tersebut dapat kuta ketahui bahwa gerak melompat dan mendarat tidak dapat dipisahkan dan saling berhubungan erat karena mereka merupakan kegiatan sebab-akibat.


Gambar 2 melompat ke depan
Dengan melihat gambar di atas gerakan melompat dapat dilakukan dengan posisi awal kaki yang menekuk agar muncul gaya dorong dari kedua kaki secara bersamaan untuk dapat melompat ke arah depan. Melompat diakhiri dengan kedua kaki yang mendarat secara bersamaan juga.

1. Lompat Jauh
Lompat jauh merupakan gerak melompat yang akan kita bahas kali ini. Kegiatan lompat jauh harus dilakukan di atas dataran yang empuk atau gembur seperti pasir agar kalian bisa mendarat dengan aman seperti gambar di bawah ini.
Gambar 3 lompat jauh
Sebelum melakukan lompat jauh, mari perhatikan gerakan di atas.
Pada awal gerakan salah satu kaki digunakan untuk mendorong tubuh kita agar dapat melompat dengan jarak yang jauh, gerakan ini juga dilakukan dengan tubuh yang dicondongkan ke depan saat melompat. 
Gambar 4 mendarat dalam lompat jauh
Lompat jauh diakhiri dengan kedua lengan yang diluruskan ke depan dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan.

2. Melompat dan mendarat dalam permainan
Selain dalam kegiatan pembelajaran olahraga melompat dan mendarat juga diperlukan oleh beberapa permainan, yakni:
  • Skipping
Gambar 5 bermain skipping (Graham, dkk. 2021)
Skipping atau lompat tali merupakan aktivitas mengayunkan tali melewati kepala dan kemudian melompati tali tersebut saat tali lewati kaki.
Jika kita perhatikan gambar bermain skipping di atas dapat dilakukan dengan melompat menggunakan kedua kaki dan mendarat dengan kedua kaki pula secara bersamaan.
Namun bermain skipping juga dapat dilakukan dengan mendarat serta melompat dengan bertumpu pada salah satu kaki saja.

  • Lompat tali (bermain karet)
Gambar 7 permainan lompat tali (Graham, dkk. 2021)
Lompat tali merupakan permainan tradisional Indonesia, yang dimainkan setidaknya oleh tiga orang. Dalam permainan lompat tali sendiri bisanya dimainkan dengan melompat dengan salahsatu kaki sebagai tolakan untuk melompat melewati tali dan mendarat dengan salah satu kaki juga.

 

Meskipun sama-sama merupakan permainan melompat menggunakan tali, tapi tali yang digunakan permainan ini merupakan tali yang dibuat dari untaian karet.

Latihan Soal
Nah, karena kita sudah mempelajari tentang melompat dan mendarat mari ulas ulang pengetahuan kita tentang apa yang sudah kita baca!
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan melompat dan mendarat!
  2. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan lompat jauh?
  3. Permainan apa saja yang memerlukan gerak melompat dan mendarat untuk memainkannya? jelaskan cara memainkannya!

Kesimpulan
Melompat adalah gerak yang muncul akibat adanya gaya dorong dari tungkai. Melompat dan mendarat tidak dapat dipisahkan dan saling berhubungan erat karena mereka merupakan kegiatan sebab-akibat. Melompat yang diakhiri dengan kedua kaki yang mendarat secara bersamaan atau diakhiri dengan mendarat dengan dengan salah satu kaki terlebih dahulu. Melompat dan mendarat dalam permainan juga diperlukan oleh beberapa permainan, yaitu skipping, permainan lompat tali, dan permainan lompat tali (bermain karet). 

Daftar Pustaka

Graham, G. Ann, S. H. Parker, M. Hall, T. & Parton, K. (2021). Buku Panduan Guru Anak Aktif Bergerak pendekatan reflektif untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas V. Jakarta Pusat. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Machmud, N. W., Samad, F., Samad, R., & Achmad, F. (2021). Analisis Gerak Lokomotor Dalam Permainan Tradisional dalam Permainan Hadang Kelas B1 Usia 5-6 Tahun Di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud3(2), 11-24.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bagian Tubuh (PJOK Kelas 1)

Gerakan Non-lokomotor (PJOK Kelas 2)